Tuesday, September 1, 2020

Mengenal Eco Beauty



Sebagai beauty enthusiast bukan berarti kita tidak bisa menjadi environment enthusiast lho, karena  ternyata mencintai lingkungan bisa dilakukan bersamaan dengan mencintai tubuh sendiri. Wah, bagaimana caranya?” yuk kita kenalan dengan Eco Beauty. Jika dilihat dari artinya, Eco Beauty memiliki arti Eco Friendly Beauty yaitu produk kecantikan yang ramah lingkungan.

Mulai dari produksi, kemasan juga penggunaannya tidak membahayakan bagi lingkungan. Menerapkan gaya hidup ini tentu tidak mudah, terlebih biasa kita sebagai wanita terbiasa memilih produk berdasarkan efek penggunaannya ataupun hasil akhirnya. Namun perlu diingat bahwa tidak mudah bukan berarti tidak bisa dilakukan, kita bisa memulainya dari hal kecil seperti berikut :


1. Menggunakan produk re-usable  atau yang bisa dipakai ulang, seperti kapas yang umumnya sekali pakai, ternyata ada lho kapas yang dapat digunakan berkali-kali, dan dapat dibersihkan hanya dengan dicuci. Bayangkan jika kita sehari menggunakan 4 lembar kapas, dalam 1 bulan kita sudah menghasilkan sampah  sebanyak 120 lembar kapas, tapi dengan re-usable  kita dapat menghilangkan 120 lembar kapas tadi dalam 1 bulan, wah…perubahan kecil pada awalnya namun jika konsisten, hasilnya berdampak besar ya.

pict cr. google

2. Menggunakan produk yang mengkampanyekan sustainability, seperti The Body Shop yang mempunyai program BBOB (Bring Back Our Bottle) mereka menerima sampah-sampah bekas produk yang kalian beli, botol yang sudah kosong bisa kalian kembalikan ke Body Shop, lalu kalian dapat point deh atau kalian juga bisa memilah sampah-sampah bekas kemasan make up dan  skin care  dengan cara memilahnya berdasarkan bahan kemasannya, lalu kalian kirim ke waste4change untuk didaur ulang sehingga bermanfaat Kembali, info lengkapnya bisa kalian cek di Instagram waste4change ya.

3. Membuat skincare dan bodycare sendiri, nah ini terdengar agak susah ya… tapi kalian bisa coba-coba belajar dari para Enviromentalist seperti Wulan Russell, Ankayama dan yang lainnya. Produk yang bisa kalian buat sendiri, contohnya solid perfume, deodorant, dry shampoo dan masih banyak lagi.

pict cr. google

Nah, itu semua adalah beberapa contoh yang dapat kita lakukan untuk memulai Eco Beauty. Ingat lagi ya, walaupun tidak mudah dilakukan berarti tidak bisa dilakukan lho.

No comments:

Post a Comment